Rabu, 10 Desember 2008

BAB I
PENDAHULUAN
Bekicot



1. Latar Belakang Masalah
Wilayah Indonesia yang sebagian besar merupakan wilayah perairan memiliki berbagai jenis perairan, mulai dari laut, selat, pantai, danau, sungai dan juga tambak. Oleh karena itu, saat ini masyarakat Indonesia sedang gencar-gencarnya melakukan budidaya perairan guna meningkatkan produksi perikanan Indonesia.
Peningkatan produksi perikanan dapat dilakukan dalam berbagai cara, diantaranya adalah penggunaan pakan yang unggul sebagai makanan bagi ikan. Pakan memiliki peranan yang penting dalam mendukung keberhasilan produksi perikanan. Karena apabila pakan yang digunakan tergolong dalm pakan dengan kualitas baik, maka ikan yang dihasilkanpun akan menjadi baik pula, dan sebalikanya ikan yang diberi makan pakan dengan kualitas yang kurang baik maka hasil produksinya akan kurang baik juga.
Akan tetapi, bahan dasar pakan ikan sebagian masih diimpor dari luar negeri, sehingga harga pakan ikan sangat dipengaruhi oleh nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing.
Apalagi saat ini, di tengah krisis ekonomi global ini, nilai tukar rupiah masih belum stabil. Oleh karena itu, efisiensi penggunaan pakan buatan menjadi penting karena sangat mempengaruhi tingkat keuntungan.
Untuk itulah, ditengah kondisi yang demikian ini, pengganti pakan ikan sangat diperlukan oleh para produsen. Dalam hal ini, bekicot dapat dijadikan sebagai salah satu solusi guna pemecahan masalah pakan ikan ini, karena bekicot memiliki kandungan mineral yang sesuai dengan pakan ikan pada umumnya.
Penggunaan bekicot sebagai pakan ikan memiliki manfaat yang cukup besar bagi para produsen, karena bekicot mudah ditemukan di musim penghujan di jalanan sehingga produsen tidak perlu membeli bahan dasar pakan, biaya pembuatan pakanpun dapat di minimalisir. Dengan demikian, para produsen tidak perlu lagi mengimpor bahan-bahan pakan dari luar negeri.

2. Rumusan Masalah
=> Apakah bekicot dapat menggantikan pakan ikan sebagai makanan yang bermutu bagi ikan?
=> Bagaimana dampak digunakannya bekicot sebagai pakan ikan terhadap produksi perikanan?
=> Bagaimana hubungan penggunaan pakan ikan berbahan bekicot terhadap produsen?

3. Tujuan
Tujuan dari penggunaan bekicot sebagai pakan ikan ini adalah sebagai berikut:
Meningkatkan produksi perikanan
Meningkatkan penghasialn produsen
Mengoptimalkan penggunaan bekicot, yang pada dasarnya kurang dimanfaatkan

4. Manfaat
Manfaat dari penggunaan bekicot sebagai pakan ikan adalah sedianya dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat yang sebagian besar bermata pencaharian sebagai produsen ikan. Selain itu, juga untuk mengoptimalkan penggunaan bekicot yang pada umumnya jarang digunakan oleh masyarakat.

Tidak ada komentar: